Jumat, 10 April 2009

No.3 ( Analisa Laporan Keuangan)

Pengertian Laporan keuangan

adalah gambaran tentang neraca, laporan rugi laba dan laporan penibahan modal dari suatu perusahaan yang terjadi pada saat tertentu. Laporan keuangan ini diperlukan oleh investor, karyawan, pemberi pinjaman, pemasok dan kreditur usaha lainnya, pelanggan, pemerintah dan masyarakat sebagai bahan informasi untuk mengambil keputusan dalam rangka mengakomodasikan kepentingan masing-masing,
Laporan keuangan dibuat oleh perusahan biasanya pada akhir periode atau pada akhir tahun buku. Laporan keuangan dibuat secara bulanan, triwulanan, semesteran dan tahunan.
Pengertian Analisa Laporan Keuangan

Salah satu tugas penting manajeman atau investor setelah akhir tahun adalah menganalisa laporan keuangan perusahaan. Sedangkan pengertian dari analisa laporan keuangan adalah; kata analisa adalah memecahkan atau menguraikan sesuatu unit menjadi berbagai unit terkecil. Sedangkan laporan keuangan secara singkat adalah neraca, laba/rugi, dan arus kas (dana). Kalau kedua pengertian ini digabung maka analisa laporan keuangan berarti: "Menguraikan pos-pos laporan keuangan menjadi unit informasi yang lebih kecil dan melihat hubungannya yang bersifat signifikan atau yang mempunyai makna antara satu dengan yang lain baik antara data kuantitatif maupun non kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui kondisi keuangan lebih dalam yang sangat penting dalam proses menghasilkan keputusan yang tepat." (Harahap, 1998).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar